laalaa's journey

Note: postingan gw yg ini panjang banget, jadi siap2 bosen aja bacanya😀

25 June 2010

Jam 7.30 gw ke RSGP, ngurusin admin dulu. Gw mo ambil kamar kelas 1 aja, sharing buat 2 org. Pengennya sih yg VIP, sendirian n rooming in ama baby, tapi biaya SC nya mehong bow, sktr 30jt >.< kalo kelas 1 perkiraan sekitar 23-24 jt. DP dulu 18jt…haiizz…

Pagi itu CTG lg, jantung baby msh ok, trus di ambil darah buat cek lab, trus ini nih salah satu bagian yg gw ga suka jg, yaitu dibotakin. Ga usah cerita jelas deh bagian ini😛

Sekitar jam 9an gw masuk ruang operasi, sempet pindah kasur 4x, dari kasur ruang tunggu ke kasur semacem ruang observasi, trus ke kasur yg menuju ruang operasi, trus baru pindah ke kasur operasi. Pindah kasur dgn perut amat sangat buncit itu ga gampang ternyata hehehe…..

Di ruang operasi gw nunggu lmyn lama, jadi nguping suster2 pada ngobrol aja. Ternyata 3 suster yg diruangan itu jg lagi hamil, hebat ya lagi hamil masih bisa ada di ruangan operasi, ga semaput hehehe…

Sambil nunggu gitu gw tegang bgt, takut ngebayangin kalo perut gw bakal dibuka, tapi seneng jg dink krn dlm itungan menit/jam gw bakal jadi mama ^.^

Oya, asalnya gw minta Andi temenin di ruang operasi. Dia udah ok, tapi hrs tunggu di luar dulu n baru boleh masuk kalo operasi udah bener2 bakal dimulai. Tapi gw inget cerita temen2 yg bilang kalo pas SC itu kita nya setengah sadar gara2 obat bius, gw jadi kasian ama Andi. Kalo gw setengah sadar, dia ngapain donk selama gw dioperasi? Jangan2 dia lebih stress krn liat dokter ngacak2 perut gw. Jadi gw dgn sok jago, titip pesen ke salah satu suster, kalo kira2 Andi ga kuat ya udah ga usah nemenin di ruang operasi.

Seudah nunggu kira2 2 taon 3 bulan *lebay* akhirnya dokter2 itu datang. Pertama dokter anestesi. Dia nyuntikin obat bius di tulang belakang gw. Denger2 sih disuntik obat bius itu sakit bgt, ternyata emang sakit sih, tapi msh bisa ketahan koq *again, sok jago*. Si dokter pesen, kalo ntar abis operasi gw ngerasa cape ato gimana, bisa dibius biar tidur n istirahat.

Trus dr. H datang, kita ngobrol sebentar, baru deh operasi dimulai. Gw ngerasa perut gw dijambak2, tapi ga sakit. Para dokter n suster ngobrolin ini itu. Pertama ngomongin para suster yg lagi hamil, trus dr. H n asistennya ngomongin liburan ke Eropa. Eh tunggu tunggu… kenapa gw bisa tau apa yg mereka omongin?? Katanya gw bakal setengah sadar or at least ngantuk deh??? Tapi koq ternyata gw 100% sadar, aware, melek, ga ngantuk sama sekali!!!! HAH!! Rasanya gw ketipu >.< tau gitu gw minta Andi masuk aja buat nemenin ngobrol daripada gw celingak celinguk tegang sendirian huhuhuhuhu….. akhirnya gw ajak ngobrol salah satu suster yg berdiri deket gw deh hehehe….

Tapi trus ga lama gw denger baby nangis!!! BABY!!! Itu baby gw yg nangis!!!

Joseph Dexter Halim, was born on 25 June 2010 at 9.45 AM, weight 3510 gr, height 53cm.


OMG… gw hepi banget n rada ga percaya, gw jadi mama sekarang… gw punya baby… baby yg selama 9 bulan gw ajak kemana2, bikin gw ga kesepian krn gw ngerasa selalu ada yg nemenin, yg sering gw ajak ngobrol, yg sering nendangin gw dari dlm perut, yg kita tunggu2 sejak awal merit, yg ampir tiap saat gw doain buat keselamatannya, kesehatannya, malah sebenernya udah kita doain dari sebelom dia ngebentuk kantong janin sekalipun.

Bener kata orang2, perasaan jadi mama itu amazing. Rasanya gw pengen nangis, teriak2, jingkrak2, pokoknya segala macem perasaan campur aduk deh.

Suster bilang baby nya laki2, trus lgs dibawa ke gw n disuruh cium. Gw minta IMD, suster nyodorin Joseph dari atas kepala, dideketin ke PD, tapi ga nyampe semenit susternya bilang kalo Joseph kedinginan di ruang operasi, jd lgs dibawa lg. Disitu gw rada sebel, ya iyalah kedinginan, IMD kan harusnya baby tengkurap di dada gw, bukan disodorin gitu L

Tapi krn gw hepi bgt punya baby, ilanglah semua info2 di otak yg udah gw baca ttg IMD dan juga mood gw buat ngotot. Sesuatu yg gw nyesel sekarang L

Udah gitu dokter ngejait perut gw, again perut kerasa kaya dijambak2, tapi yg ini lbh kenceng n kayanya lama bgt. Sambil dijait, dokter anestesi nawarin bius lagi kalo gw ngerasa cape. Gw tolak mentah2 krn gw ga ngerasa cape, malah excited pengen cepet2 ketemu Joseph. Dia nawarin bius itu 2x dan dua2nya gw tolak langsung.

Oya, pas Joseph lahir, gw denger dr. H ngomong ke asistennya kalo air ketuban udah ijo. Trus dia bilang ke gw, untung kita cepet2 ambil keputusan buat SC krn kalo kita nunggu sampe Minggu misalnya, Joseph kayanya udah ga bisa ketolong lagi.

Gw ga brenti2 bersyukur ama Tuhan, Dia emang baik banget, Dia udah ngerencanain segala sesuatu tepat pada waktunya. Coba kalo dr. H ngga nawarin induksi, pasti Kamis itu gw ga bakal USG krn Selasa kan baru USG. Dan kalo Kamis ngga USG, ngga ketauan deh kalo air ketuban udah berkurang, dan kita jg bakal nyante2 aja nunggu mules.

Selesai operasi dr. H nyelamatin gw dan sekali lagi bilang untung SC hari itu, jadi kondisi Joseph masih ok. Itu bukan keberuntungan dok, itu emang rencana Tuhan J

Pasca Operasi

Abis dari ruang operasi gw dibawa ke ruang observasi. Suster bilang kalo gw udah bisa ngerasain kaki gw, panggil dia, ntar gw dibawa ke kamar.

Gw nungguin sambil bersyukur terus sama Tuhan karena Joseph udah lahir dgn sehat.

Eh ehm…. kaki gw masih mati rasa, tapi koq perut udah agak sakit ya? Perih gitu, makin lama makin sakit. Huaaaa…..bukannya kata orang2 obat bius itu kerjanya 24 jam??? Tapi koq baru 3 jam perut gw udah sakit banget?? Apa ini berarti lagi2 gw ketipu???

Hix…. beneran aja, perut gw udah sakit banget, baru deh kaki bisa digerakin dikit2.

Gw nunggu di ruangan itu sampe jam 12an.

Akhirnya gw dibawa ke ruang tunggu keluarga. Andi n nyokap udah nungguin. Ternyata mereka udah liat Joseph, pas baru lahir lgs ditunjukin ke keluarga. Tapi sebelnya suster ngomong ke Andi gini ’Pak, ASI belum keluar, apa bayinya mau dikasih sufor?’ untung Andi udah gw wanti2 kalo newborn baby tuh bisa tahan ga minum apa2 sampe 2-3 hari. Lagian Joseph belum jg nyoba nyusu koq udah dibilang ASI blm keluar sih?? Jadi Andi bilang ngga, mau nunggu ASI keluar aja.

Trus gw dibawa ke kamar. Btw, waktu perut buncit hrs ganti kasur 4x aja udah repot bgt, apalagi abis operasi, perut gw sakit bgt kalo gerak dikit aja. Jadi pindah kasurnya digotong ama suster2, haduuhh….sakit n repot deh…

Siangan sekitar jam 2 ato jam 3 Joseph di bawa ke kamar, tapi lagi tidur, jadi mau disusuin jg dia nya ga mau buka mulut. Tapi kita denger napasnya agak bunyi grok-grok gitu.

Waktu itu pas dr. H lagi di kmr gw jg, dia lgs tlp DSA tanya Joseph kenapa. Akhirnya Joseph balik ke kamar baby lagi. Gw seneng bgt dah bisa peluk2 Joseph, sakit bekas operasi ilang sebentar hihihi….

Ga lama DSA dtg, namanya dr. Irwan. Dia bilang Joseph kedinginan, jadi napasnya grok-grok gitu. Trus dia tanya susunya mau dikasih apa? Gw bilang mau kasih ASI, tapi tadi blm sempet nyusuin krn Joseph lg tidur. Dia blg kalo blm keluar, mau dikasih glukosa dulu ngga? Gw tolak mentah2. Mulai ga sreg nih ama si dokter L

Gw titip pesen aja ke setiap suster yg datang, kalo Joseph bangun, minta langsung dibawa ke kamar buat disusuin, gw jg wanti2 biar Joseph ga dikasih glukosa ato sufor.

Agak sorean Joseph dibawa ke kamar lg buat nyusu, tapi ASI blm keluar. Suster yg bawa dia nawarin ngasih glukosa. Gw tolak lg.

Tapi agak maleman gw dikasih tau kalo Joseph ga boleh dibawa ke kamar krn jalan dari ruang baby ke kamar gw AC nya dingin, takut napasnya tambah grok-grok. Joseph jg masih tidur aja, blm minta susu. Gw Cuma bisa pasrah aja.

Hari itu banyak jg yg udah nengokin kita, terutama sih sodara2 Andi n temen2 Acn.

Malemnya gw kira bakal ga bisa tidur krn perut msh sakit bgt, tapi ternyata gw tidur nyenyak bgt tuh. Suster malem2 datang buat ngasih obat or ganti infus, trus gw lgs tidur lagi. Kayanya painkiller nya ada obat tidurnya deh.

Andi tidur rada2 ngorok, untung kasur sebelah gw kosong hehehe…

Subuhnya gw bisa kentut,jadi pagi udah boleh minum. Trus belajar duduk. Haduuhh…sakit banget booww….gerak dikit aja udah sakit, apalagi disuruh duduk huhuhu…. udah duduk, gw belajar berdiri. OMG….sakitnya lbh ga ketahan lg. Gw pegangan ke Andi n nahan seluruh badan ke dia hehehe…. Tapi gw paksain pokoknya hrs bisa jalan, kan gw hrs nyusuin ke ruang baby. Pagi itu gw dikasih obat biar bisa pup n makan.

Karena blm sanggup jalan jauh2, gw pinjem kursi roda buat ke ruang baby. Disana gw belajar nyusin. Pertama Joseph masih tidur mulu, jd dibangunin trus coba disusuin, tapi ASI blm keluar. Siangnya gw coba susuin lg, ada cairan putih-kuning ngerembes, kayanya Cuma cukup buat dijilat2 ama Joseph.

Hari itu lbh byk lg yg nengokin, termasuk ibu bos tercinta. Ga nyangka lho dia bakal datang, pdhl kan rumahnya di daerah Pondok Indah sono.

Seharian itu jg gw bolak balik ke kamar baby buat nyusuin biarpun Joseph seringnya sih tidur doank n susah buka mulut. Suster di kamar baby jg nawarin glukosa or sufor. DSA jg bilang Joseph napasnya grok grok krn nangis mulu kelaperan. Dia jg bilang ASI emang bagus, tapi ga usah maksain kalo emang blm keluar. Kasih glukosa or sufor dulu aja, tar kalo ASI dah keluar baru disusuin langsung. Grrr…ada apa sih sama RS ini?? Masa ga ada satu org pun yg pro ASI???  Gw kecewa banget deh :L

Sore2 gw nyusuin Joseph lg, anteng bgt ngisepnya. Jadi gw anggap mungkin ASI nya keluar biarpun dikit, ato Joseph emang blm laper bgt, jadi ga usah buru2 kasih glukosa ato sufor. Tapi trus suster blg DSA mau periksa Joseph, dan dia mau praktek sore itu, jd nyusuinnya disuruh brenti dulu.

Terpaksa deh gw relain Joseph dibawa dulu, padahal kan susah nyari moment dimana gw ada di ruang baby n Joseph lagi bangun L

DSA tanya ASI udah keluar blm? Gw bilang ga tau, tapi tadi Joseph mau nyusu. Kalo dipompa emang blm ada yg keluar. Dia bilang lg kalo napas grok-grok nya Joseph itu krn dia nangis kenceng krn kelaperan n kehausan, jd pernapasannya keganggu. And again dia blg kalo ASI emang bagus-kalo ASI nya keluar. Kalo ASI nya ga keluar ya jgn maksa, kasian baby nya. Dia jg bilang keliatannya Joseph agak kuning. Dia mau test lab besok. Gw sebel bgt dah ama DSA itu, nada ngomongnya blaming bgt. Pdhl Joseph napasnya udah bunyi dari pertama kali dibawa ke gw, berarti dia blm kelaperan donk? Kalo kedinginan ya bisa jadi. Si Andi ngomel2 ama suster yg bawa Joseph, dia tanya kenapa sih di RSGP ga ada yg pro ASI sama sekali? Bukannya ngesupport ASI malah nawar2in glukosa n sufor mulu L

Malem itu nyokap yg nemenin gw di RS. Jadi tengah malem gw ke ruang baby jalan sendirian krn ga tega bangunin dia. Gw berkali2 pesen ke setiap suster yg nongol kalo Joseph nangis, tolong panggil gw, tar gw langsung ke ruang baby. Malem itu Cuma sekali gw dibangunin buat nyusuin, itu pun krn gw jalannya pelan2, sampe ruang baby Joseph udah bobo lagi. Akhirnya gw pasang alarm sendiri, n tengah malem jalan sendiri ke ruang baby, ngecek apa Joseph lagi bangun ato ngga. Gw nongkrong disitu dari jam 3 lwt sampe jam 4 lwt, ngobrol ama suster yg kayanya lmyn baek, ga nawarin glukosa/sufor. Tapi jam setengah 5 akhirnya gw rada ga tahan, gw setuju Joseph dikasih glukosa. Si suster pun tanpa ba-bi-bu langsung bikinin glukosa. Huh…ternyata semua suster sama aja L Tapi gw make sure dia ngasih glukosa nya pake sendok, ga pake dot, biar Joseph ga bingung puting.

Hari minggu pagi gw minta tolong tanyain dokter, udah bisa pulang ato blm, krn gw udah bisa jalan. Udahnya gw ke ruang baby lg, ngecek Joseph udah bangun ato blm, krn ga ada yg manggil gw buat nyusuin. Di ruang baby ternyata Joseph abis gumoh, agak coklat2 gitu gumohnya. Suster bilang gumoh coklat itu berarti udah keluar asam lambungnya, kasian kalo dibiarin kelaperan gitu.

Gw jadi takut n akhirnya setuju buat dikasih sufor 10ml. Apalagi kemarennya kan si DSA blg Joseph keliatannya agak kuning. Sampe sekarang gw ga tau sebenernya bener ga sih gumoh agak coklat pada newborn baby itu asam lambung???

Suster2 ruang baby ngebandingin Joseph ama baby satu lagi, katanya baby yg satu itu kuning krn nunggu ASI, tapi skrg mamanya udah bisa mompa 10-20ml, jadi ok aja dikasih ASIX. Tapi gw denger dari suster yg laen, ASI pompaan itu ternyata donor dari sodara si mama.

Seandainya gw ada sodara yg lagi nyusuin n mau ngedonor……

Pagi itu hasil lab Joseph keluar. Bilirubinnya 8.7 dari max 10, jadi dia udah boleh pulang. Gw buru2 minta Andi urus admin. Total biaya 20.6 juta. Pagi itu gw sampe ga sempet kontrol sama dokter yg visit krn gw sibuk ngurus admin n nongkrongin Joseph di ruang baby. Bodo ah, pokoknya gw pengen pulang secepetnya. Gw ga demen bgt dah ama RSGP. Gw ngerasa dipojokin mulu disitu. Biarpun ternyata seudah minum vitamin, susu menyusui, daun katuk, even disuntik hormon buat perbanyak ASI dll, sampe sekarang ternyata ASI gw emang Cuma dikit dan gw harus kasih sufor + ASI buat Joseph, tetep aja gw ngerasa nyesel lahiran disitu. RS nya emang lumayan bagus n katanya alat2nya canggih, tapi dokter n staff nya mengecewakan banget.

Ntar kalo lahiran anak kedua ogah deh disitu lagi, biarpun gw lumayan suka ama dr. H, tapi gw mo coba cari RS yg sayang bayi dah.

Akhirnya gw sempet jg cerita ttg kelahiran anak pertama gw. Biarpun ceritanya telat krn baby udah ampir 2 bulan, tapi better late than never toh, biar gw bisa mengenang salah satu peristiwa paling penting di idup gw n anak gw bisa tau cerita kelahirannya, sapa tau gw udah lupa2 inget ceritanya😀

21 June 2010

Minggu sebelumnya dokter nyuruh gw CTG sebelum kontrol berikutnya. Jadi gw ke RSGP buat menjalankan titah si dokter. Baru sekali itu gw CTG. Perut gw ditempel alat buat ngedengerin jantung baby, trus setiap baby gerak, gw hrs pencet tombol. Prosesnya 30 menit. Kata dokter denyut jantung baby harus naik pas dia bergerak. Abis CTG, gw liat sebentar hasilnya, keliatannya ok. Kata bidan sebenernya gw udah ngalamin braxton hicks ato kontraksi palsu 2-3x selama di CTG, tapi gw ngga nyadar.

22 June 2010

Hari itu jadwal gw kontrol ke dr. harijanto. Ditunjukin hasil CTG, katanya bagus. Trus USG rutin, semua ok. Berat baby udah sekitar 3.3kg…wow…gede jg ya, naik 200gr dari mgg kmrn…padahal hamilnya baru 38w n gw udah berusaha ngga mkn manis2, berat gw malah turun 0.5 kg dari mgg kmrn.

Dia nyuruh gw duduk di ‘kursi panas’ trus periksa dalem *really hate this part* katanya baru ada bukaan 1 jari sempit, baby jg masih setengah jalan lahir, blom terlalu turun. Gw tanya kapan perkiraan due date nya, dia msh bilang sktr tgl 28-30 June. Trus dia tanya mau ngga gw coba pancing kontraksi pake obat yg dosisnya minim banget? Tapi efek obatnya kecil bgt, malah ada kemungkinan ngga ada efek sama sekali, jadiya gw mau minum obat itu. Abis baby udah gede sih, takut susah lahirnya.

Oya, si dokter tuh mau cuti seminggu starting tgl 26 June, gw jd kepikiran mau pilih dokter pengganti siapa. Trus dia blg, sebenernya kehamilan gw udah cukup kalo mau lahiran, jadi kalo gw ngotot pgn lahiran ama dia, bisa aja di induksi tgl 23/24 June. Wooww… bentar bentar… gw sih ngerasa siap kalo tiba2 mules, tapi kalo harus induksi, koq kayanya mengerikan ya😛

Jadi di rmh gw rada stress mikirinnya. Blom lagi gw kan masih kerja, planning terakhir kerja tgl 25 June.

Ngobrol2 ama Andi, akhirnya gw mo kerja setengah hari aja besoknya buat beresin ini itu, trus mikir2 n siap2 deh mau induksi ato nunggu mules.

23 June 2010

Ok, kita udah ambil keputusan mau induksi. Tapi kalo sampe induksi ga berhasil, entah mau pulang n nunggu mules aja, ato mau operasi cesar…. kita belom mutusin. Biar Tuhan aja yg nunjukin jalanNya ntar (rada nekat ngga sih???) Sms ke dokter, nanya kalo mau induksi, what should I do? Gw disuruh USG lagi besoknya.

24 June 2010

Jam 10 pagi gw ke dr. Harijanto lagi buat USG. Langsung duduk di ‘kursi panas’ *sekali lagi gw kasih tau kalo gw benci bgt duduk di kursi ini* diperiksa bukaan, blom ada kemajuan.

Trus USG. Eh eh…lho koq muka si dokter serius gitu sih? Is there something wrong with my baby??? Gw liat di monitor, air ketuban gw yg biasa kliatan item koq jadi abu2 ya??? Gw tanya dokter dia ngga langsung nyaut, tapi makin serius nge-scan perut gw seolah2 nyari sesuatu.

Akhirnya dia blg ketuban gw berkurang, trus dia kasih surat pengantar buat USG di dr. Bambang Karsono. Katanya doi punya alat USG yg super duper canggih. Ntar dia minta hasil dari dr. Bambang.

Oya, buat USG pagi itu, kita ngga bayar alias gratis lhooo…hahaha…si dokter baek bener😀

Kita langsung daftar di dr. B, kita dpt giliran sekitar jam 2 siang.

Dokternya ramah dan dia detil bgt ngasih tau apa yg ada di layar. Dia nunjukin perut, jantung, tali pusat, etc etc gitu. Oya, baby gw kelilit tali pusat di leher 1x. Tapi katanya masih bisa lahiran normal. Alat USG nya emang kliatan lbh canggih, dan scannernya lbh bulet dari yg punya dr. H, jadi kalo baby gw gerak2 n kena alatnya ga sakit, kalo di dr. H kadang2 sakit kalo si baby lg goyang2 heboh. Dr. B jg blg air ketuban udah 9, padahal yg normal itu 10-25, jadi udah di bawah garis normal.

Jam 7 mlm ke dr. H lagi buat nunjukin hasil USG dr. B, dia blg keputusan ada di tangan gw, tapi kalo mo nunggu mules, latest hari Senin, kalo blm kerasa apa2 lgs SC aja.

Wah, kayanya resiko bgt kalo nunggu Senin, jadi gw n Andi putusin buat SC aja besoknya. Malem itu jg kita ke RSGP buat CTG lg n info kl bsk mo SC.

Semaleman tidur gw ga enak, rada2 stress krn besoknya mau operasi n takut baby kenapa2.

Telepon nyokap buat ngasih kabar, dia yg asalnya mo dtg Senin lgs pesen travel buat ke Jkt mlm itu jg. Ah, she’s really such a luvly mom, always be there when I need her the most J

Lho koq bisa pusing gara2 babysitter? Emang gw punya babysitter? Baby nya aja blom lahir?? Ok ok, mungkin judul yg lebih pas itu: pusing cari babysitter.

Idealnya kan gw harus udah punya BS paling ngga sebulan sebelum masuk kerja lagi buat ngajarin dia, ngelatih n buat adaptasi baby. Tapi jadwal maternity leave gw itu kurang menguntungkan. Gw harus masuk kerja sekitar end of Sept, which is sekitar 1-2 minggu after libur lebaran. Tau sendiri kan kalo libur lebaran 99% PRT & BS pada mudik trus ujung2nya banyak yg ga balik lagi krn pindah kerja, ato tetep stay di kampung halaman, ato apapun alasannya deh.

Tapi kalo gw mau cari BS yg mulai kerja sebelum lebaran tuh bakal susyeh beeng, krn most of them bakal masih stay ama majikan yg sekarang dgn harapan dpt THR, baru pindah kerja.

Trus kalaupun ada yg available, biasanya yayasan keep mereka untuk jadi BS infal, yg kerja harian pas libur lebaran dan bayarannya ajubilah – sempet denger bocoran bisa Rp. 100.000/hari lho gajinya :-S

Kalo gw cari BS yg baru masuk setelah libur lebaran, demand di yayasan pasti tinggi banget, krn ya itu, byk BS yg resign after liburan. Trus buat gw jg waktunya terlalu mepet buat ngelatih n percayain baby ke dia.

Anyway, gw sempet tlp 1-2 yayasan n nitip nomor HP biar mereka bisa hubungin gw kalo ada stok BS – yg kata orang2 chance buat dptnya kecil bgt karena biasa lbh diutamain yg dtg lgs ke yayasan, daripada yg by phone doank. Gw sih pesen ke mereka, kalo gw perlu BS nya kira2 bulan Agustus, kalo blm dpt kan gw msh punya wkt ampir 2 bulan sampe masuk kerja lagi.

2 minggu kemaren iparnya Andi bilang ada mantan babysitter nya yg lagi cari kerja. Umurnya udah 40taonan, pengalaman jaga newborn n org tua jg. Tapi wkt gw tlp, dia minta gajinya tinggi banget buat gw – trus dia udah siap kerja, pdhl gw kan paling cepet butuh dia awal Jul, malahan gw pengen akhir Aug aja kan, krn selama gw cuti ya mo ngurus baby sendiri.

Udah gitu, si BS ini sempet sms gw bbrp kali, nanyain gw udah dpt blom BS nya, trus mau ngga salary yg dia minta. Gw blg aja kalo gw blom cari2 BS lg, trus gw balik nanya, dia mau ngga ama salary yg gw tawarin. Oya, dia sms gw tuh sambil bilang kalo dia udah masuk yysn, dan lg nunggu job baru seminggu lg. Ya gw blg gpp, tar gw cari yg laen. Eehh…tapi bbrp hari dia sms lg, blg kmrn sempet kerja buat ngurus org tua – lho katanya newborn baby?? tapi trus si org tua itu baru meninggal – which means dia jobless lg tapi ngga mau bilang dgn jelas di sms. Gw bilang aja kalo tawaran gw segitu, ga bisa lebih. Akhirnya dia bilang ngga mau. Ya udah. Gw sempet rada ilfeel ama nih BS krn belom2 koq kesannya belagu bgt, kaya tarik ulur gitu ama gw. Andi jg males dengernya.

Kalo ternyata bln Aug gw blm dpt BS, gw ada planning B, yaitu ngelatih Ida, si PRT merangkap tukang voucher itu jadi BS. Karena si Ida bilang kalo sebelom kerja di gw, dia tuh ngasuh anak dan baby, jadi gw pikir yah dia ada gambaran lah gmn jadi BS, ngga nge-blank bgt😀 Gw jg lumayan suka ama Ida krn dia sopan dan nurut. Emang sih kadang kerja nya kurang bersih karena diburu2 hrs jaga voucher lagi, ato lg kerja dipanggil2 ama mertua gw. Tapi gw rasa kalo gw kasih tau detil dan ngga diburu2, dia bisa kerja bagus-mudah2an. So far gw liat jg dia jujur. Intinya asal dipantau terus by phone, dia lumayan ok lah. Andi jg setuju kalo Ida yg jadi BS, bayarannya jg kan pasti lbh murah. Kita emang ga nyari BS yg pengalaman bgt, karena kadang kan suka belagu n keras kepala. Gw pengen yg ada sedikit pengalaman aja, sisanya ntar gw yg ajarin *ah gaya lo la, pdhl lo jg ngeblank soal baby kaannn*

Sebenernya ada 1 masalah yg ganjel kalo Ida jadi BS. Mertua gw tuh demen bgt nyuruh2 ini itu tanpa liat2 sikon. Pokoknya ngga bisa liat pembokat nganggur dikit, pasti disuruh kerjain apa aja. Dan biarpun gw dapet yg jaga voucher ngerangkap pembantu kaya ida skrg, si org itu ga bisa disuruh2 setiap waktu krn kan hrs jaga voucher jg, jadi udah kebaca deh, ujung2nya si Ida yg bakal disuruh2. si Ida kalo disuruh pasti ga berani nolak lah, selama ini kan emang dia yg jadi pembokat. Padahal gw maunya BS itu bener2 cuma pegang baby selama gw kerja. Kalo gw udah pulang kerja ya boleh lah dia disuruh bantu2 masak ato beres2 gitu. Jadi makanya gw pengen cari BS yg bener2 baru kerja di rmh gw biar mertua gw agak sungkan gitu nyuruh2nya. Kebayang donk kalo Ida yg jaga baby, tapi siang2 dia disuruh bantuin ngerapiin n ngebersihin taneman2 di teras….awww…dia bakalan keringetan, berdebu n BB, trus gendong2 baby gue…..huaaa…. what a nightmare!!!

Blom slese pertimbangan gw soal Ida jadi BS, ternyata oh ternyata…si penjaga voucher yg cowo pengen keluar bln ini, dia baru kerja 2 mingguan n kayanya kurang suka ama kerjaan jaga voucher, yah dulunya kan dia jualan buah, skrg jual voucher dia ribet kali😛

Naahhh…jadi ntar cuma si ida yg bisa jaga voucher donk, sebelom dapet gantinya. Mending kalo cepet dpt gantinya, kalo udah dapet gantinya jg ga akan bisa dilepas jaga sendirian, paling ngga sampe sebulan. Mana Andi udah pengen cari kerja lagi, which means voucher bakal lbh tergantung ke Ida.

Eehh….ngga disangka ngga diduga, hari senin kemaren gw dpt sms gini: ’bu, di tempat saya ada babysitter ready stock’ Ternyata sms itu dari salah satu yayasan yg pernah gw tlp.langsung deh gw tlp balik si yayasan itu. Katanya ada 2 BS, dari Pemalang & Lampung. Dua2nya sekitar umur 25, pengalaman buat newborn. Yang satu udah merit n punya anak TK, satu lg blm.

Tapi gajinya kegedean dari budget gw. Jadi gw coba nego, biar si ibu yayasan tanya si BS dulu. Oya, yysn ini adanya di Pondok Labu, jauh bow dari KG😛 Anyway, gw blg si ibu kalo ntar Sabtu gw mo kesana buat interview.

Gw pikir yah mungkin ini jawaban dari Tuhan, gw udah ditawarin BS, dua org lg, jadi gw bisa milih. Ya udahlah kalo si BS itu hrs gw ambil dari skrg, 2-3 mgg paling bantuin nyuci baju2 baby. Tapiiii….si Andi tuh males bgt hrs ke Pondok labu buat interview, krn jauh bgt n macet. Trus dia jg kapok ama yg namanya yysn2 gitu, ntar 1-2bln jg BS nya bisa keluar, biarpun ada garansi, tapi brarti kita kudu bolak balik lagi ke yysn itu, dan mending kalo pas minta ganti itu pas ada stok. Yang ada ntar bikin ribet lagi deh. Ujung2nya dia malah bilang, aneh sih yysn2 ginian, mereka yg butuh kerja koq kita yg hrs dtg interview.Kalo kita ngelamar kerja kan kita yg datengin perusahaannya.

Ah, gw ampe cape ngejelasinnya kalo yysn PRT/BS jgn disamain ama kerja kantoran. Trus si PRT/BS itu kan rata2 dari kampung, kalo hrs datengin rumah calon majikan yg di sebrang2 Jakarta, bisa2 nyasar tuh. Trus ya lbh aman buat kita datengin yysnnya, bisa interview bbrp org kalo emang ada stok, trus milih, trus slesein admin kalo emang ada yg sreg. Daripada si BS dateng ke t4 kita, trus ujung2nya kita kan hrs contact si yysn buat admin2nya. Tapi dia tetep males ke yysn itu.

Jadi keputusannya: si Ida aja yg jaga baby, trus kita cari orang buat jaga voucher sekaligus PRT buat gantiin dia. Mudah2an bisa cepet dapet, biar gw tenang😀 Dengan kriteria jujur, teliti, ngga pelupa, luwes buat jualan, bisa bersih2 rumah n sabar ngadepin mertua gw….gw Cuma bisa berdoa mudah2an Tuhan ngasih yg terbaik…

Ok, akhirnya gw ngepost jg, syuuhh….syuuuhhh….pergi kau setan malas😀

Jadi beberapa hari ini tuh gw lagi agak2 pusing krn harus mutusin bbrp hal. Tapi biar bacanya ngga ikut pusing ama isi uneg2 gw yg panjang, jadi dibagi 2 aja postingannya.

Yang pertama pusing krn dr. harijanto mau cuti:

1.   Hari senin abis baca forum pregnancy di WK, salah satunya ada yg ngomong kalo dr. Andrew SPOG yg di hermina mau cuti sekitar end of june – early july. Padahal dia due date nya itu sekitar early july dan dia lg bingung nyari dktr pengganti.

Hari selasa waktu gw kontrol, iseng lah gw tanya si dr. harijanto apa dia ada planning cuti jg. Trus jawabnya: iya, saya cuti tanggal 26 jun-2 jul. Jreeeeenggggggg!!!!! Melototlah gw krn due date gw kan tgl 24 Jun – 4 Jul gitu!!! Trus wkt gw Tanya nasib gw gmn ntar, dia blg ntar diganti dr. Andrew aja. Langsung aja gw bilang kalo dr. Andrew jg mau cuti. Akhirnya dia blg ntar ada dr. Andri or dr. Liu.

Hah? Siapa pula itu??? Kalo ama dr. Andrew ok lah, gw jg demen ama dia krn pernah bbrp kali periksa dulu wkt hamil pertama. Tapi dktr yg dua itu…baru denger tuh namanya. Akhirnya gw googling nama2 dktr itu. Cuma ketemu short reviews about them, itu jg org yg lahiran cesar krn kasus masing2.

Jadi sekarang gw lg googling lagi SPOG laen yg recommended di forum2. Oya, skrg gw jg jadi demen mlototin femaledaily buat baca forum2 disitu n cari wangsit.

Tapi kebanyakan pada recommend SPOG2 di RS Bunda, RS Carolus, BWCH, Sam Marie, KMC. Pokoknya Jakpus-Jaksel deh. Ada bbrp Hermina, tapi bukan yg Podomoro. Stuck deh.

2.    Sebenernya gw gak 100% sreg ama RS Gading Pluit, karena: mahal!! Hahaha…. Alesan laennya: gw liat apotiknya majang sufor2 berbagai merk, berarti mereka ga terlalu support ASIX. Ga ada tuh poster2 IMD ato gembar gembor kelebihan ASIX. Mereka adem ayem aja

Tapi ada juga yg gw suka dari RS ini, yaitu: deket rumah, trus karena RS baru, jadi kamarnya masih bagus. Kamar VIP nya ada connecting door ke kamar baby-privat, jadi sama aja ama rooming in. Tapi yg rooming in ya cuma kamar VIP itu, yg laen baby nya di baby room. Kalo lahiran normal di VIP sih gw msh sanggup bayar, 15jt. Tapi kalo ternyata ntar kenapa2 n gw kudu cesar, harganya bikin mulut dan kantong melongo…30jt saja gitu lhoooo…. >.<  Tuh kan, balik lagi ke masalah mahal😛

Oya, yg bikin gw sreg ama RSGP ini jg yaitu gw 75% suka ama dr. harijanto.

Apa yg bikin gw suka ama dia? Krn dia ngga matre. Dulu wkt gw BO, dia ngga nyaranin kuret, tapi pake obat aja.

Krn dia ngga ngejejelin gw dgn susu bumil, dgn alasan kebanyakan DHA bisa bikin anak hyperactive.

Krn dia periksa nya santai, ngga buru2 kaya dr. Andrew oopsss…😛

Krn dia ngga ngasih vitamin macem2 or mahal2.

Tapi trus kenapa gw ngga suka sampe 100%?

Karena gw tau dktr ini tuh dari iparnya Andi yg lahiran cesar. Krn kalo denger2 cerita suster2 n bidan2 di senam hamil, gw ngga nangkep ada dktr di RSGP yg pro banget ama lahiran normal. Jd rata2 orang lahiran disana ya 50-50 antara normal n cesar.

Krn dia udah blg 2x kalo gw mo lahiran normal kemungkinan besar baby gw bakal divakum krn mata gw -4.75 dan riskan kalo gw ngeden. Padahal gw udah cek ke dktr mata dan retina gw ga masalah kalo pengen lahiran normal tanpa vakum.

Krn kalo gw nanya, kadang2 jawabannya kurang jelas n kurang memuaskan. Terpaksa gw ‘nitip’ pertanyaan ke tmn gw yg kontrol ke KMC buat dapet jawaban yg jelas n meyakinkan.

But so far, dr. harijanto ini ok lah buat gw n andi.

Tapi masalahnya, kalo dia cuti pas due date gw, makin sedikitlah faktor positif dari RSGP ini buat gw. Dan gw mulai mikir: apa gw cari SPOG laen sekalian pindah RS aja yaaa???

Akhirnya Mbah Google, WK & femaledaily kembali jadi pelarian gw selama magabut kerja.

Tapi sama kaya forum SPOG, most of them ngereview ttg RS Bunda, RS Carolus, BWCH, Sam Marie, KMC.

 Aneh ya, apa ngga ada warga KG yg suka login femaledaily???

 Jadi gw mutusin kalo mau pindah RS, diusahain yg terdekat dari KG deh. Jadi option gw: RSIA Hermina Podomoro, RS Mitra Kemayoran, RS Mitra Keluarga KG, RS Carolus.

Ok, mari kita pertimbangkan satu2.

RSIA Hermina Podomoro: Gw suka krn pro normal, pro IMD dan pro ASIX, yah kaya kebanyakan RSIA laen lah. Tapi selaen dr. Andrew, gw blom tau mo pilih SPOG mana, dari forum sih ada yg recommend dr. Dewi Galuh, tapi ada jg yg bilang dr. Dewi Galuh ngga mau terima pasien pindahan yg >3bln hamilnya. Trus andi kurang suka ama RSIA ini krn too crowded dan kamarnya model lama gitu, dan denger2 kata tmn gw yg istrinya lahiran disitu, suka ada nyamuk. Ah lagian si dr. Andrew jg ga ada disini. Ya udah deh, coret.

RS Mitra Kemayoran: blank-ga punya review sama sekali kecuali fact that salah satu om nya Andi tuh dokter disitu. Coret.

RS Mitra Keluarga: iparnya Andi pernah recommend dr. Bambang disini. Tapi kalo sama2 RS umum, blom tentu pro normal, ASIX, IMD. Sama aja sama RSGP. Coret.

Tinggal RS Carolus nih. Koq masuk option sih, kan ga deket dari KG??? Yah karena RS ini udah terkenal dgn pro normal, IMD & ASIX. Dan punya yayasan buat BS lg, sapa tau kalo lahiran disitu jadi lebih gampang dapet BS hehehehe…. Tapiiii….. RS Carolus koq ya jadul bangeeettt…. Duh, kamarnya kaya motel gitu, perabotan lama. Koq gw ngebayanginnya bau apek n kusam n horror ya😛 trus kata Andi disitu suka macet kalo pagi/sore. Kalo gw tiba2 mules pas jam macet trus Andi lg ga dirumah gmn??? Oow…jiper jg gw dengernya… :-S

Pikir punya pikir….akhirnya kita kembali pilih RSGP!!!! Huahahahahahahaha…..sumpah ini posting ngga banget deh, udah panjang2 cerita, ujung2nya balik ke pilihan awal) tinggal mutusin aja mau lahiran sama dr. Andrie ato dr. Liu. Ato jangan2 gw ga bisa milih, cuma bisa pasrah aja, siapa yg lagi praktek pas gw mules, dialah yg akan bantuin gw lahiran??? Buset daahh…. *kleyeng kleyeng* >.<

3.   Yang ini pusing bukan gara2 si dokter mau cuti. Tapi krn si pudding di dalem ternyata udah ndut!!!

Yah gw cerita disini aja, kan masih ada hubungannya dikit ama pregnancy😛

Jadi Senin minggu lalu tuh si pudding diperkirakan beratnya 2.7kg. Dokter bilang, due date gw kan kira2 4 minggu lagi, jadi minimal si pudding beratnya nambah 600gr lg. Total 3.3kg-minimal lho…

Rasanya gw udah skip bbrp kesempatan mkn eskrim, makan nasi kalo malem udah dikurangin, banyakin sayur n lauk2 laen aja. Udah agak ngurangin jg minuman manis2. Tapi…Selasa kmrn pas diukur, si pudding udah 3.1kg!!!!!!!!!!!!!!!!!! jadi dia naek 400gr selama 8hari!!!

OMG OMG OMG… due date kamu masih 3 mingguan lagi, bakal segendut apakah kamu pudding??? Pdhl BB gw 8 hr ini cuma naek 0.5kg lhooo *bangga*tapi koq ampir semua lemak itu diembat ama pudding??? DIET KARBO DAN DIET GULA!!! GA BISA DITAWAR2 LAGI!!!

Ok, sekian uneg2 gw yg seri pertama….lanjut seri kedua haiiizzz….

Akhir2 ini gw lagi rada banyak pikiran. Ada jg beberapa cerita yg pengen diceritain di blog. Udah kepikir mau ngepost apa aja disini. Udah bikin foto2 iseng buat nambah2in postingan. Tapi….males banget deh ngetiknya….krn lg banyak pikiran itu, gw jd sibuk googling2 buat ambil keputusan. Trus, lagi demen nongkrongin ol shops jg hehehe….

Jadi, mudah2an besok2 gw ada mood buat posting😀

Kemaren ke dokter lagi, sekarang jadwal ke dokter gw jadi 2 minggu sekali. Ga ada keluhan, kaki bengkak udah kempes karena tiap tidur diganjel bantal, trus posisi bolak balik antara miring kiri-terlentang-miring kanan. Biarpun tidur jadi ga nyenyak n lbh sering pipis krn lbh sering kebangun jg buat ganti posisi, tapi yg penting kaki gw kempes🙂

Posisi kepala baby tetep di bawah – good boy. Plasenta di atas, air ketuban cukup. Itu pertanyaan standard gw tiap cek up😀

Trus ukuran2nya di 33w4d ini-btw gw ngga tau ukuran ini pake cm/inch ato apa:

BPD (ukuran dari pelipis kiri-kanan): 8.35

AC (lingkar perut): 29.36

FL (panjang tulang paha): 6.55

FL/BPD: 78.46

FL/AC: 22.32

EFW (Berat baby): 2182gr

Heartbeat: 141bpm

Nah, yang gw bingung, koq katanya panjang baby sekitar 32cm, padahal kalo gw liat di web, harusnya di 33w, panjang baby udah 43.7cm. Gw ampe nanya ke dokter, itu panjang dari mana kemana? Katanya dari kepala sampe ujung kaki…???? Trus gw tanya lagi, bukannya harusnya udah 40cm an dok? Dia bilang ntar 2 minggu lagi jg udah 39cm an. Lha, kalo 2 mgg lagi brarti baby udah 35w, udah tinggal sebulan lagi brojol, gimana ngejar sampe 50cm an ya? Padahal waktu dia ngukur tulang paha, dia bilang tulangnya panjang karena bapaknya tinggi.

Si dokter salah itung ato kenapa nih?? Gw jadi pengen di USG ama Ibu As yg dari RSCM itu. Dokter aja bilang Ibu As itu lbh jago kalo soal USG. Duuhh…sebel deh….Ntar 2 minggu lagi gw mo make sure deh, kalo bisa gw bawa deh print out perkiraan ukuran baby dari babycenter.

Oya, due date gw 28 June, hmmm….kalo gitu gw bisa cuti tgl 25 June donk ya, biar ga usah buru2 masuk pas abis Lebaran.

Sekarang gw lagi nyari2 paket pijat pasca melahirkan & cari2 info yayasan babysitter yg ok. Mudah2an dapet BS yang baek, yg sayang ama baby, ngga lemot, bersih n telaten🙂

Sabtu kemaren lagi2 gw ke Cempaka Mas buat shopping baby. Setelah dapet warisan dari cici & sosoh, to-buy list gw makin pendek😀

Ini belanjaan gw di Dunia Toys:

Kasur super KW1 70x120x10  225.000

Sprei set 65.000

Jumper carter 5in1 55.000

Celana panjang tutup Libby 3 pcs 30.000

2 Gurita ibu @20.000

Bengkung/stagen 35.000

Neck rest lucky baby 55.000

Nose Cleaner Pigeon 44.000

Zwitsal bath 2in1 200ml 14.000

Zwitsal skin protector 100ml 17.000

Zwitsal baby cream 50ml 10.000

Zwitsal wipes 30sheet 11.000

Bak mandi lupa merknya 60.000

Nail scissor Puku Petite 25.000

Cotton bud Care 15.000

Rada nyesel beli Zwitsal skin protector, baunya ga enak kaya minyak tawon bleh…. n kata cc gw, lengket di kulit lg😦 Oya, di DT ini liquid talc Chicco 85.000, gw ngga beli dulu krn koq mahal n blom tau patokan harganya. Coba kita liat ke Audrey nemu apa aja:

Liquid talc Chicco 150ml 65.000!!! naahh kaan…untung gw ga beli di DT😀 *naluri ibu2 pelit kembali keluar*

Baju pulang dari RS 95.000

Sisir pigeon 35.000

Zwitsal lotion 100ml 12.000

Di Audrey ini penuh bgt, gw jd blank mo beli apa. Dan rasanya perlengkapan newborn gw udah tinggal 10% yg belom kebeli. Kalo perlengkapan yg baru kepake kalo baby udah >2bulan kaya breastpump, food processor, slow cooker, high chair, etc ntar aja belinya, sapa tau ada yg mo ngasih jg hihihi…ngarep.com

Eh, kalo breastpump sih dedenya Andi emang mo ngasih dink. Trus sterilizer jg cc gw masih punya. Sikat2 botol jg blom mau beli karena pede mau ASIX hohoho….

Oya, keperluan baby laen yg gw beli bukan di ITC:

Sleek liquid detergen + liquid cleanser paket 53.500 di Carrefour

Laci Lion Star 4+2 susun 430.000 di Lottemart a.k.a Makro

Trus blanjaan dari ol shops yang udah datang:

Bantal menyusui BigHug + support pillow 199.000

Alas ompol Renata 1 lusin 48.000

Tinggal clodi2 yg udah order tapi blom ada barangnya.

Oya, temen kantor ada yg mo ngasih botol buat ASIP+tutupnya sktr 20 pcs hoooo….senangnyaaa….😀

Hmmm…apa lagi yg penting yg blom kebeli yaa…..

it’s me

our steps

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Welcoming baby to the world

baby development

day by day

August 2016
M T W T F S S
« Aug    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Archives

Categories

blablabla

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.